Cari Blog Ini

Kamis, 15 April 2010

Ratusan Siswa Ikuti Try Out

Ratusan Siswa Ikuti Try Out

SERANG - Sebanyak 297 siswa SMA/SMK/MA dari Lebak, Pendeglang, Cilegon, Serang mengikuti try out seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2010 di Gelanggang Remaja Ciceri, Kota Serang, Minggu (11/4).Acara yang dihelat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Lampung (IKA Unila) Wilayah Banten ini didukung oleh Radar Banten, Banten Raya Post, Tangerang Ekspres, BRTV, dan PT XL Axiata Tbk.


Sekretaris Umum IKA Unila Banten Yhannu Setiawan mengatakan, filosofi try out SNMPTN adalah berlatih ujian dengan kategori soal standar atau sama dengan SNMPTN. “Dengan begitu siswa punya trik menjawab soal SNMPTN secara akademik dan teknis,” kata Yhannu di sela-sela try out.

Menurut Yhannu, yang perlu dipersiapkan siswa yang hendak mengikuti SNMPTN adalah mental dan trik menghadapi ujian. “Karena itu, IKA Unila Banten bermaksud menyiapkan siswa untuk siap bertarung untuk masuk perguruan tinggi negeri pilihannya,” ujarnya.

Soal try out disusun tim IKA Unila Banten yang koordinatori Yudi Juniardi, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untirta. “Untuk membuat soal ada tim IPS terpadu, IPA terpadu, dan TPA. Jumlah tim ada sekitar 15 orang,” kata Yudi.
Menurut Yudi, tingkat kesulitan sekitar menengah ke atas sehingga siswa terlatih menghadapi soal semacam itu. “Paling penting, mereka mengetahui jenis dan tingkat kesulitan soal SNMPTN,” ujarnya.

Soal yang dibuat, kata dia, memang tidak bisa diprediksi sama dengan soal SNMPTN nanti, tapi jenis dan klasifikasi soal disesuaikan dengan tiga naskah SNMPTN tiga tahun terakhir. “Kalau soal persis sama dengan soal sesungguhnya itu tidak mungkin sama, tapi kalau jenis dan klasifikasi kita sesuaikan,” ujarnya. Yudi berharap, dari dari 297 siswa yang ikut, sekitar 30 persen lulus SNMPTN.

Selain mengikuti try out, siswa diberikan pemahaman tentang cara memilih perguruan tinggi dan trik menghadapi SNMPTN. Diberikan pula permainan dan dooprize dari panitia dan sponsor beberapa voucher pulsa XL. (run)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by IKA UNILA WILAYAH BANTEN | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks